Untuk transaksi Pembelian Barang dimana ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian barang-barang tersebut dan mau biaya-biaya tersebut menambah ke Cost Item yang dibeli, berikut ini caranya :
- Buat Purchase Invoice Barang dari Activities | Purchase | Purchase Invoice, pilih Vendor/Supplier Barang dan isi Item-item yang dibeli di Tab Item(Barang).
- Masih di form Faktur Pembelian tsb, ke tab/halaman Expense(Beban), pilih akun biaya yang mau dialokasikan ke cost item, isi Amount/jumlahnya, centang Apply to Items dan Charge to Other Vendor(jika pembayaran biaya tsb dilakukan ke Vendor lain). Save & Close.
- Activities | Purchase | Purchase Invoice, pilih Vendor yang menagih biaya pembelian. Tab Item(Barang) bisa dikosongkan.
- Ke Tab Expense(Beban), pilih akun yang sama yang akan di pilih di tab Beban Faktur Pembelian barang, isi Amount/Jumlahnya. Save&Close.
Untuk melihat hasilnya apakah benar sudah ditambah dengan biaya tsb, bisa dicek dari Report | Inventory | Inventory Valuation Detail. Filter untuk item-item yang dibeli di Purchase Invoice yang dimaksud saja, dan filter tanggal sesuai tanggal Faktur Pembelian barang.
(Available for v4)
Sumber : ACCURATE SOLUTION CENTER
No comments:
Post a Comment